11 manfaat daun pare yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh

Beberapa khasiat dan manfaat dari daun pare

Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang sering kita jadikan menu makanan kita setiap harinya. Meskipun rasanya yang pahit terkadang membuat anak-anak tidak menyukai sayuran jenis ini. Dibalik rasa pahitnya itu pare mempunyai manfaat yang baik untuk kita. Tapi apakah anda tahu bahwa daun pare dari tanaman sayuran ini ternyata mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita.


11 manfaat daun pare yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh

1. Daun pare dapat membantu mengobati bisul dan cacing kremi 
Caranya: ambillah 1 genggam daun pare segar maukan ke dalam blender. Tambahkan seperempat air gelas lalu blender hingga halus. Saringlah ramuan tersebut lalu tambahkan sedikit garam, gula aren dan jeruk nipis. Minumlah ramuan tersebut 1 kali sehari sebanyak ¼ gcangkir. Laukan rutin selama seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Daun pare dapat membantu mengobati demam nifas 
Caranya: ambillah 3 lembar daun pare segar, cucilah dengan bersih dan lumatkan. Setelah itu tambahkan segelas air dan sedikit garam pada ramuan tersebut, seduhlah, peras dan saring ramuan tersebut. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari sebanyak setengah gelas. Cobalah untuk rutin mengonsumsinya. 

3.Daun pare dapat membantu menambah ASI pada ibu-ibu menyusui 
Caranya: ambillah 2 lembar daun pare segar, lalu panaskan selama beberapa menit. Lalu tahap selanjutnya, kompres payudara sang ibu agar saluran ASI menjadi lebih lancar dalam mengeluarkan ASI untuk si kecil. 

4.Daun pare dapat membantu mengobati penyakit hati 
Caranya: cobalah untuk menyediakan 6 gram daun pare segar, 5 gram rimpang temulawak dan 110 ml air. Rebuslah semua bahan menjadi satu selama 15 menit lalu saring dengan kain kasa dan peraslah hingga airnya keluar secara keseluruhan. Minumlah ramuan ini satu kali sehari selama 1 minggu dalam masa perawatan. 

5. Daun pare dapat membantu menyuburkan rambut 
Caranya: Ambillah beberapa lembar daun pare segar lalu cucilah hingga bersih. Lalu tahap selanjutnya remas-remas daun tersebut dan oleskan secukupnya pada permukaan kulit kepala anak anda. Biarkan beberapa menit lalu bilas. 

6. Daun pare dapat membantu mengobati Batuk 
Caranya: ambillah 7 lembar daun pare segar lalu cucilah hingga bersih. Seduh ke 7 daun tersebut dengan air panas. Lalu peras dan saring air tersebut, minumlah hasil perasan daun pare 2 kali sehari hingga batuknya sembuh. 

7. Daun pare dapat menghilangkan bekas luka 
Caranya: ambil segenggam daun pare segar lalu cucilah hingga bersih. Lumatkan daun tersebut lalu tambahkan sedikit air panas. Peraslah air daun pare tersebut lalu masukan 2 sendok makan tepung beras aduklah hingga merata. Oleskan ramuan oles ini pada bagian yang ada bekas lukanya setiap hari. 

8.Daun pare dapat membantu mengobati Wasir 
Caranya: petiklah 5 lembar daun pare segar lalu cucilah hingga bersih. Rebuslah daun pare tersebut hingga mendidih lalu peraslah perlahan. Ambillah 3 sendok air perasan tersebut lalu campurkan segelas yogurt cair dan cobalah meminum ramuan ini setiap hari hingga wasir sembuh. 

9. Daun pare dapat mengobati adanya Kemandulan 
Caranya: sediakan sebanyak 27 gram sari dari daun pare, 7 butir lada hitam, 3 siung bawang putih dan 27 gram gula jawa. Lumatkanlah seluruh bahan menjadi 1 lalu tambahkan segelas air bersih. Tambahkan sedikit jeruk nipis lalu minumlah ramuan ini sekali dalam sehari. 

10. Daun pare dapat membantu mengobati berbagai Penyakit kulit 
Caranya: mulailah dengan mengambil 3 helai daun pare segar lalu seperti biasa cuci bersih daun tersebut. Rebus hingga mendidih. Peraslah rebusan air daun pare tersebut lalu tambahkan sedikit air jeruk nipis. Minumlah ramuan ini 1 kali sehari sebagai pengobatan dari dalam. 

11. Daun pare dapat mengobati penyakit Rabun malam 
Caranya: buatlah sari daun pare segar dengan mengambul 5 lembar daun pare lalu cuci hingga bersih. Rebuslah daun tersebut dengan 1 gelas air bersih. Peraslah air rebusan ini biarkan hingga agak hangat. Lalu oleskan pada area sekitar mata. Lalukan secara rutin perawatan ini. 

Demikian beberapa manfaat daun pare yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. jagalah kesehatan kita sebelum rasa sakit menyerang kita. Hidup sehat dengan konsumsi makanan yang sehat pula. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment